Cara Tepat Menanam Bunga Mandevilla Agar Terus Berbunga

Cara Tepat Menanam Bunga Mandevilla

Mandevilla adalah jenis bunga hias yang tumbuh merambat pada media lain. Dengan warna yang sangat mencolok dan seperti merah, putih atau pink. Tanam ini sangat cocok di tanam di pekarangan rumah ataupun halaman. Selin sebagai tanaman pelindung dapat pula sebagai tanaman hias dan akan membuat rumah anda semakin terlihat indah dan cantik. Karena dapat di tanam pada teras rumah maupun pada dinding pagar dan dapat pula anda bentuk sendiri sesuai selera.

Cara Tepat Menanam Bunga Mandevilla Agar Terus Berbunga

Tanaman Mandevilla sendiri sering disebuat bungan Brazilian Jasmine karena bunga ini berasal dari negara Brasil. Namun Bunga ini dapat tumbuh subur di Indonesi. Cara mendapatkan bunga ini pun saat ini tidak terlalu sulit karena sudah banyak toko toko bunga yang menjualnya. Selain itu anda juga bisa memperbanyak sendiri dengan cara stek batang karena tumbuhan ini sangat mudah tumbuh. 

Dan kali ini saya akan memberikan trik dan tips cara menanam bunga Mandevilla tumbuh subur dan dapat terus berbunga. Khusus buat anda pecinta tanaman hias yang ditanam di halaman rumah terutama bunga Mandevilla.

Bunga Mandevilla merupakan tumbuhan hias yang dapat tumbuh di daerah tropis maupun subtropis. Tanaman yang menyukai sinar matahari ini tergolong dalam tanaman Genus yang tumbuh merambat dan tergolong dalam keluarga Dogbane, Apocynaceae. Bunga Mandevilla yang banyak di tanam dan di sukai adalah yang berwarna Pink, Putih, Kuning Dan Merah. Dan ada pula beberapa jenis hibrid seperti diantaranya mandevilla amabilis, splendens, dan mandevilla sanderi.

Berbeda Dengan Spesies Bunga Mandevilla Scabra dimana Tanaman ini sangat sering di gunakan sebagai Zat Aditif dalam Minuman Psychedelic Ayahuasca. meskipun tidak ada bukti yang pasti tentang tanaman ini bersifat Psikoaktif, tetapi menurut Studi Dianggap Beracun.

Cara Menanam Bunga Mandevilla 

  • => Saat kita membeli bunga Mandevilla di toko bunga biasanya dalam keadaan berbunga namun masih berukuran sedang. Dan bila anda ingin memindahkan kedalam media yang lebih besar atau pun langsung ke halaman anda hanya membutuhkan tanah yang mengandung pasir, dan tanah Lumut Gambut (atau bisa pupuk orgnik lainnya). Dan yang utama adalah tiang untuk membentuk bunga dengan selera kita.
  • => Pertama anda harus memiliki tanah Lumut Gambut (atau bisa pupuk orgnik lainya) yang akan menjadi Unsur Hara dan sedikit Pasir.
  • => Kedua buat lubang dengan ukuran 40cm atau dapat anda sesuaikan dengan kondisi halaman. Dan bila mengunakan media pot pergunakan pot yang berukuran besar dan terutaman pot yang terbuat dari tanah, karena pot jenis ini dapat menjaga kelembapan tanah. 

Perawatan, Pempukan, Dan Pemangkasan Bunga Mandevilla
  • => Harap diperhatikan cahaya, karena bunga Mandevilla ini menyukai cahaya yang langsung, akan tetapi bunga Mandevilla ini dapat pula tumbuh di tempat yang teduh. 
  • => Sedikit tips agar bunga Mandevilla ini terus berbunga sepenjang musim panas anda bisa memberikan tambahan pupuk yang mengandung Fosfor tinggi. Cara pupukkannya adalah, malarutkan pupuk dalam air yang dapat anda berikan setiap dua minggu sekali.
  • => Pemangkasan dilakukan agar tanaman bunga Mandevilla muncul tunas tunas baru yang akan menghasilakn bunga.dengan jarak 1-2 Cm dari pucuk batang bunga Mandevilla.
  • => Dan bila suhu di luar ruangan mencapai 10 Cesius anda bisa memindahkan keadalam ruangan. Lakukn penyiraman secara rutin bila di rasa tanah terlihat kering karena merawat dan memelihara bunga ini tidak begitu rumit. 

Baca Juga

Dan untuk anda semua yang belum bisa melakukan stek batang bunga Mandevilla untuk memperbanyak sendiri , saya berikan tips dan cara stek batang tanama ini. Berikut cara selengkapnya :


Cara Stek Bunga Mandevilla

  • => Potong batang bunga Mandevilla per ruas dengan ukuran 10-25 Cm.
  • => Sisakan 1-2 helay daun bahkan bisa lebih.
  • => Langkah berikutnya ambil potongan yang tadi kita buat kemudian pindahkan kedalam polybag yang di isi tanah, kompos dan pasir, kemudian siram dengan air secukupnya.
  • => Sungkup polybag yang sudah di tanamin tadi dengan menggunakan plastik putih bening hingga kurang lebih 20 Hari, tehnik ini di gunakan untuk mengurangi penguapan pada daun.
  • => Setelah 20 hari atau sudah di perkirakan memiliki akar anda bisa membukan sungkup plastik, lalu biarkan selama 3 bulan di polybag kecil.
  • => Dan bila akar sudah kuat anda bisa memindahkan kedalam pot yang lebih besar ataum dapat di tanaman langsung pada halaman rumah.

Semua tentang cara menanam bunga Mandevilla agar terus berbunga sudah saya jelaskan satu persatu dengan detail, dan cara untuk memperbanyak ataupun stek pun sudah saya berikan. Selanjutnya silakan anda praktekan sendiri. Dan semoga tips dan trik cara menana bunga Mandevilla ini bisa bermanfaat dan bisa anda coba di rumah anda sendiri. Sekian.

0 komentar