Begini Cara Menanam Bunga Anggrek Dalam Pot

Cara Menanam Bunga Anggrek Dalam Pot


Begini Cara Menanam Bunga Anggrek Dalam Pot

Cara menanam anggrek dalam pot yang akan kita bahas pada sajia kali ini. Namun sebelun anda menanam ada baiknya anda kenali dahulu jenis tanaman anggrek terlebih dahulu. Pertama yaitu tanaman anggrek yang hidup menempel pada tanaman lain tetapi tidak mengganggu tanaman yang ditempeli yang disebut dengan anggrek epiphyt. Kedua tanaman anggrek yang hidup ditanah. Biasanya hidup pada tanah berhumus yang subur. Jenis ini disebut anggrek Terrestris atau anggrek tanah.

Dan setelah ada memahami kedua jenis anggrek silakan anda baca cara menanam bunga angrek berikut:

=> Cara menanam anggrek di dalam pot, Anda perlu menyiapkan pot kecil yang dapat terbuat dari kayu, genteng, atau plastik. Pot ini kemudian diisi dengan menggunakan media tanam berupa campuran antara sabut kelapa, pecahan genteng, arang sekam, batu bata, kayu, dan potongan pakis.

Begini Cara Menanam Bunga Anggrek Dalam Pot

=> Setelah itu, siapkan pula bibit anggrek yang banyak dijual dalam bentuk botolan, sudah memiliki daun sebesar 1 cm, dan sudah memiliki akar yang muncul 2-3 helai. Ada pula bibit anggrek muda yang dijual di pasaran, namun Anda harus terlebih dahulu merawatnya di dalam tray (wadah pembibitan) selama 3 bulan hingga bibit muda mulai membesar dan bisa dipindahkan ke dalam pot. Penanaman bibit muda dilakukan di dalam tray untuk memudahkan pemindahan ke tempat yang kaya akan sinar matahari sehingga anggrek tumbuh lebih optimal.

=> Kalau pot dengan media tanam siap dan bibit pun sudah tersedia, lakukan penanaman. Dengan bibit anggrek botolan, Anda dapat memindahkannya langsung ke dalam pot. Usahakan gunakan kawat untuk mengeluarkan bibit anggrek ke luar botol, dan jangan sampai Anda merusak akarnya karena dapat memperlambat pertumbuhannya nanti.

=> Untuk bibit muda yang telah ditanam pada tray selama 3 bulan, Anda juga bisa langsung memindahkannya ke dalam pot yang sudah dilengkapi dengan media tanam. Satu pot dengan diameter 15 cm dapat berisikan 3-5 bibit. Tiga bulan kemudian setelah bibit bertambah besar, Anda perlu memindahkannya lagi ke pot yang lebih besar (repotting) sehingga satu pot hanya berisikan satu tanaman anggrek.
Nah setelah anda membaca cara menanam anggrek dalam pot, silakan anda praktekan sendiri di rumah masing masing.  Dan semoga artikel ini dapat membantu anda menanam bungga anggrek.

0 komentar