10 Langkah Cara Menanam Anggur Dalam Pot

Cara Menanam Anggur Dalam Pot

10 Langkah Cara Menanam Anggur Dalam Pot

Buah Anggur, tanaman ini selain dapat ditanam pada jumlah besar yaitu pada perkebun juga dapat Anda tanam di dalam halaman dengan media pot. Karena tanaman ini buahnya dapat dimakan langsung bila sudah masak.

Banyak keunggulan bila kita menanam anggur dalam pot, salah satunya merindangkan halaman rumah karena tanaman ini dapat kita atur sesuai dengan kehendak maupun keinginan kita untuk mempercantik dan memperindah halaman rumah anda. Namun syarat dari tanaman anggur sendiri harus terkana matahari langsung dengan suhu 23 hingga 30 drajat celcius.

10 Langkah Menanam Anggur Dalam Pot

10 Langkah Cara Menanam Anggur Dalam Pot

> Langkah Pertaman adalah menentukan pot yang akan digunakan sebagai mendia tanam. Cari pot dengan diameter ukuran atas lebih besar dari pada bawahnya. Dan yang baik adalah pot terbuat dari tanah, karena pot jenis ini memiliki pori pori lebih besar di bandingkan pot yang terbuat dari plastik maupun semen. Karena pori pori pot berguna untuk menyerap air saat penyiran berlebihan dan juga bisa menahan kelembaban saat anda lupa menyiramnya.

=> Langkah Kedua adalah media tanam. Media tanam yang cocok untuk menanam anggur dalam pot adalah pasir dan pupuk kandang yang di jadikan satu. Pasir berfungsi agar akar tanaman dapat cepat menembus lapisan tanah dan pupuk kandang agar menyuburan tanah.

=> Langkah Ketiga adalah masukkan media tanah ke dalam pot. Beri dasar pot dengan arang ataupun pecahan bata maupun genting. Selanjutnya masukan campuran pasir dengan pupuk yang telah diaduk menjadi satu hingga hampir penuh potnya. Setelah itu buatlah lubang dengan ukuran polybag tepat di tengah pot.

=> Langkah kelima adalah penanaman bibit anggur. Pilih bibit tanaman anggur yang berkwalitas lalu sobek polybag kemudian masukkan bibit anggur ke dalam lubang dengan poposisi tegak lurus. Lalau siram air secukupnya.

=> Langkah keenam adalah Perawatan. Tanaman anggur dalam pot membutuhkan perawatan yang intensif. Karena tanaman ini rentan akan penyakit.

Baca Juga : Cara Menanam Buag Naga

=> Langkah ketuju adalah penyiraman. Penyiraman dilakukan setiap hari yaitu pada waktu sore hari. Pada waktu Anda melakukan penyiraman hendaklah dilakukan secara hati – hati agar percikan air tidak merusak media tanam. 

=> Langkah Kedelpan adalah Pemberian rambatan. Karena tanaman anggur adalah tanaman yang menarambat atau menjalar maka tiang rambatan atau ajir sangat dibutuhkan. karena berfungsi ungsi agar tanaman bisa tumbuh lurus ataupun yang sesuai dengan keinginan kita.

=> Langkah Kesembilan adalah pemupukan. Saat usia dibawah tiga bulan pemupukan dilakunkan 2 minggu sekali dengan ukuran 1 sendok makan. Dan selanjutnya bila tanaman angur menginjak usia di atas 3 bulan maka pemberian pupuk menjadi 2 sendok makan dan dilakukan 1 bulan sekali. 

=> Langkah kesepuluh adalah pemangkasaan. Pemangksan ini sangat penting sekali agar tanaman angur dapat berbuah lebat. Dan untuk tanaman anggur dewasa pemankasan harus dilakukan mulai dari batang tersier hingga daunya. Untuk daun harus di buang hingga habis. Karena saat semai kembali tanaman anggur akan bertunas dengan membawa bunga. Pada proses pemangkasan yang pertama, biasanya malai bunga muncul dengan ukuran yang kecil. Jumlah malai yang muncul secara bertahap akan bertambah pada proses pemangkasan yang kedua, pemangkasan ketiga dan seterusnya. Bunga yang muncul setelah dilakukan pemangkasan perlahan akan mekar dan menghasilkan buah dengan ukuran kecil dan berwarna hijau. Buah ini akan terus tumbuh dan berkembang maksimal setelah 100 hari sejak pemangkasan.

Baca Juga : Cara Menanam Anggrek Dalam Pot

Semoga langkah langkah cara penanaman anggur dalam pot di atas bias menambah wawasan anda dalam membudidayakan tanaman anggur di sekitar halam rumah anda. Sekian.

0 komentar