Panduan Lengkap Cara Menanam Buah Naga

Cara Tepat Menanam Buah Naga | Banyak penduduk Indonesia yang menyukai buah dengan khasiat yang luar biasa ini, dengan ciri rasa buah yang manis dan memiliki sirip sirip pada buahnya menjadikan buah ini sangat menarik untuk dikosumsi dan di lihat. Buah yang masuk di Tanah Air sekitar tahun 2000 ini saat ini sudah banyak di kembangkan di Indonesia. Karena iklim tropis dan kondisi tanah yang sangat cocok untuk tanaman ini dan sirrklus produktifnya pun hingga 20 tahun. Dan juga saat ini kelompok tani pun sudah banyak yang berhasil membudidayakan dan menambah penghasilan dari buah Naga ini.

Panduan Lengkap Cara Menanam Buah Naga

Tanaman yang cocok pada daerah dengan ketinggian 0 - 300 meter  diatas permukaan laut dengan curah hujan 720 mm, dan suhun yang berkisar antara 26 - 36 derajat Celsius. Dengan data diatas tanaman ini cocok di tanan di Indonesia.

=> Jenis buah Naga
- Hylocereus undatus - kulit merah dengan daging buah putih
- Hylocereus polyrhisus - kulit merah dengan daging buah merah
- Hylocereus costaricensis - kulit merah dengan daging buah merah pekat agak keunguan
- Hylocereus megelanthus - kulit kuning dengan daging buah putih

Dan topcaratanam akan memberikan cra penanaman buag Naga supaa menghasilkan buah yang lebat dan besar yang sesuai permintaan pasar, dan semua jenis buah naga ini sama cara dan metode penanamanya. Dan berikut cara cara penanamanya :

Panduan Cara Menanam Buah Naga Dengan Tepat

=> Persiapan Dan Pemilih Bibit Buah Naga

  • - Bibit adalah kunci dalam budidaya tanaman Buag Naga. Cari induk yang berkwalitas baik (buah dan batang) lalu di stek dengan catatan buag Naga ini sudah pernah berbuag 2-3 kali cara ini di sebut Vegetatif, sedangkan untuk memlalui biji di sebut Generatif (hanya dilakukan oleh yang berpengalaman).
  • - Cara vegetatif yang akan saya berikan, pertama menyiapkan media semai,dengan membuat bedengan atau menggunakan polybag berisi campuran tanah dan pupuk organik dengan Perbandingan campuran adalah 1:1. Potong batang dengan panjang sekitar 80-120 cm. Jangan potong semua, sisakan sekitar 20%, yang 80% akan digunakan menjadi bibit tanaman. Potong calon bibit dengan panjang 20-30 cm, bagian ujung atas dipotong rata sedangkan ujung bawah dipotong mirip, Hal ini bertujuan agar akar tanaman bisa cepat tumbuh. Usahakan agar batang yang distek memiliki minimal 4 tunas baru. Biarkan batang stek yang dipotong sampai mengering getahnya, hal ini bertujuan agar tanaman tidak cepat busuk saat ditanam. Untuk mengurangi resiko bibit terserang jamur, stek yang akan ditanam sebaiknya dicelupkan terlebih dahulu ke dalam fungisida.
  • - Bibit buah Naga sebelum ditanam sebaiknya siram dulu medianya agar terjaga kelembabannya. Kemudian tancapkan bibit, bagian yang runcing berada di bawah dengan kedalaman sekitar 5 cm. Taruh bibit di tempat yang terlindung dari sinar matahari secara langsung. Siram bibit buah naga setidaknya2-3 kali dalam sehari sampai tanaman tumbuh tunas. Setelah 3 minggu sejak bibit ditanam biasanya akan mulai tumbuh tunas, saat ini tanaman harus terkena sinar matahari secara langsung. Pemeliharaan bibit biasanya berlangsung sampai 3 bulan sampai tanaman siap untuk dipindahkan ke media tanam.


=> Persiapan Lahan Buah Naga
Disini saya akan memberikan penanaman untuk 1 hektar dengan ukuran baris 2,5 dan jarak 3 meter. Memerlukan sekitar 6400 bibit dan tiang panjatan 1600 catatan satu tiang akan diberikan 4 bibit buag Naga.

=> Tiang Panjat Buah Naga
Tiang panjat sangat diperlukan untuk menopang batang agar tidak mudah roboh. Tiang panjat biasanya dibuat menggunakan cor beton atau dengan mengunakan batang pohon randu maupun batang bambu dengan ukuran tinggi 2-2,5 meter dan ditanam di dalam tanah sedalam 50cm.

=>Pengolahan Tanah Untuk Buah Naga
Buat lubang tanam disekitar tiang ukuran 60×60 cm sedalam 25 cm. Sebelum ditanam sebaiknya campur tanah hasil galian lubang dengan pasir sebanyak 10 kg dan pupuk kompos sebanyak 10-20kg dan ditambah dolomit (kapur pertanian) selanjutnya diaduk rata selanjutnya disiram dan setelah 2-3 hari berikan pupuk kimia tambahan yaitu TSP sebanyak 25 gram setiap lubang. Jangan langsung menanam bibit semai buah Naga, biarkan 1 hari.

=> Cara Menanam Bibit Buah Naga
Pemindahkan bibit buah naga dari media semai ke media tanam dengan jarak 10 cm dan 4 bibit buah naga setiap tiang dengan kedalaman 10-20cm setiap lubang tanam. Jangan lupa setelah ditanam tempelkan keempat bibit ketiang dan diikat agar bisa tumbuh menjulur pada tiang.

Panduan Lengkap Cara Menanam Buah Naga

=> Pemupukan Buah Naga
Batang buah Naga muda memerlukan banyak unsur nitrogen (jangan mengunakan urea karena akan membuat busuk batang). Pada saat berbunga dan buah, buah Naga memerlukan banyak unsur kalium dan fosfor dan ditambah dengan NPK dan ZK. Dan bitambah dengan pupuk kandang setiap 3 bulan sekali.

=> Perawatan Dan Pemangkasan Buah Naga
3 tahap pemangkasan buah Naga yakni: 
  • - pemakasan untuk membentuk batang pokok bertujuan agar tanaman memiliki batang utama yang kuat dan mampu menopang cabang dan buah.
  • - pemangkasan untuk membentuk cabang, sisakan 3-4 cabang terbaik.
  • - pemangkasan untuk pemeremajaan cabang yang sudah tidak produktif. cabang yang sudah berbuah 3-4 kali sebaiknya didiganti dengan yang produktif.


Panduan Lengkap Cara Menanam Buah Naga

=> Panen Buah Naga
Ciri-ciri buah naga yang sudah siap untuk dipanen adalah kulit buah mulai berwarna merah mengkilap dan jumbai buah berwarna kemerahan. Mahkota buah mengecil dan memiliki 400-600 gram. Tanaman ini hanya memerlukan 10 sampai 12 bulan setelah tanam, dan pemanenan ini pun bisa sampai usia tanaman ini mencampai 20 tahun karena tanamn ini merupan tanaman sirrklus produktif. Untuk satu tanaman biasanya menghasilkan sekitar 1 kg buah naga. Sedangkan dengan lahan seluas 1 hektar dengan jumlah tanaman 6400 akan menghasilkan 6-7 ton buah naga sekali panen. Budidaya buah naga bisa dikatakan sukses bila dalam satu tahun bisa menghasilkan 50 ton buah naga untuk 1 hektar lahan.

Nah cara penanaman buah Naga agar menghasilakn buah banyak dan berkwalitas sudah saya berikan, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Dan bila ada kesalahan dalam penulisan maupun kata kata yang kurang berkenan topcaratanam minta maaf.

0 komentar